Search

Perpustakaan Pribadi untuk Umum Dilengkapi dengan taman, gazebo dan arena bermain anak. Anak sekolah, mahasiswa, dan pegiat seni kerap berkunjung ke sini. Kami menunggu kehadiran anda! Alamat (Address) Jl. Nusa Indah VI No. 7 Jember 68118 Telepon: (0331) 482786 Jawa Timur - INDONESIA

Content

07 Juni 2009

Bagaimana Menambah Koleksi?

Menambah koleksi perpustakaan menjadi masalah penting bagi perpustakaan, terlebih jika bujetnya minim. Penambahan koleksi mutlak perlu jika perpustakaan tidak ingin ditinggalkan pemakainya. Pengadaan dengan cara pembelian memang sebuah keharusan, namun kita harus taktis melakukannya.

Pertama, belilah yang memang betul-betul diperlukan dan tidak ada cara untuk memeperolehnya dengan gratis. Kedua, gunakan momen bursa buku dengan diskon dengan mencari informasi ke toko buku yang punya program seperti itu. Ketiga, masuklah Book Club yang diselenggarakan penerbit tertentu yang biasanya memberi diskon khusus. Keempat, datanglah ke pasar buku loak, disini kita bisa menemukan buku yang layak dibaca dengan harga yang lebih murah.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah pertukaran koleksi, carilah lembaga atau perorangan yang mungkin bisa diajak bertukar koleksi. Kita juga bisa mendapat hadiah atau pemberian buku gratis dari badan, perusahaan, lembaga atau perorangan tertentu. Tentu saja untuk itu ada kiat-kiat khusus yang bisa dipelajari. Setidaknya kita bisa membangun komunikasi yang simpatik sehingga kita bisa mendapat simpati.

Lewat kemudahan sms misalnya kita bisa menyebarkan pesan menerima waqaf buku kepada kenalan kita dengan mencari momen yang tepat, misalnya Tahun Baru hijriyah, Hari Buku, Hari Anak, Bulan Ramadhan dsb.nya. Dengan menggunakan kiat adverising yang kreatif, niat mulia melayani publik dengan penyediaan bacaan itu insyaAllah terpenuhi. Namun, semua harus dikembalikan pada Niat.

Kampoeng Batja

Didirikan oleh Iman Suligi, dibantu istrinya Gigih Rachwartini, merupakan perpustakaan yang dulunya dikelola atas nama Yayasan Indonesia Membaca (YIM) dan kini menjadi perpustakaan kebun dengan taman yang asri, gazebo yang teduh, dan arena bermain anak.

Banyak dikunjungi siswa sekolah, mahasiswa, guru-guru TK, hingga pegiat seni. Kami menanti kedatangan anda di alamat (address):

Jl. Nusa Indah VI No. 7 Jember 68118
Jawa Timur - INDONESIA

Telepon: (0331) 482786