Search

Perpustakaan Pribadi untuk Umum Dilengkapi dengan taman, gazebo dan arena bermain anak. Anak sekolah, mahasiswa, dan pegiat seni kerap berkunjung ke sini. Kami menunggu kehadiran anda! Alamat (Address) Jl. Nusa Indah VI No. 7 Jember 68118 Telepon: (0331) 482786 Jawa Timur - INDONESIA

Content

02 Oktober 2009

Batik, momentum baru untuk berkreasi.

Sebagai bangsa yang kreatif, sudahlah kita jangan sekedar reaktif terus. Bukankah kita memang kurang "open" (jawa) terhadap milik kita sendiri? Inovasi anak bangsa seperti singkong mukibat (temuan pak Mukibat), ikan mujair (rekayasa pak Mujahir) tak banyak dikenal karena tidak ada publikasi. Di bidang bahasa saja kata "berdikari" yang kreasi bung Karno justru dipakai tetangga sementara kita lebih suka menggunakan istilah asing seperti independen atau self sufficient.

Nah, momentum penetapan batik sebagai World Heritage milik bangsa Indonesia oleh Unesco adalah saat yang tepat untuk kembali menjadikan batik sebagai kebudayaan yang hidup dan terus berdenyut menafasi seni, pendidikan, ekonomi, bukan semata dokumentasi yang mati.
Bukankah ternyata remaja kita memiliki elan kreatif yang mengagumkan, seperti Anda lihat dalam gambar ini. Siswa SMK Negeri 3 Jember merayakan hari itu dengan ciptakarya batiknya.

Kampoeng Batja

Didirikan oleh Iman Suligi, dibantu istrinya Gigih Rachwartini, merupakan perpustakaan yang dulunya dikelola atas nama Yayasan Indonesia Membaca (YIM) dan kini menjadi perpustakaan kebun dengan taman yang asri, gazebo yang teduh, dan arena bermain anak.

Banyak dikunjungi siswa sekolah, mahasiswa, guru-guru TK, hingga pegiat seni. Kami menanti kedatangan anda di alamat (address):

Jl. Nusa Indah VI No. 7 Jember 68118
Jawa Timur - INDONESIA

Telepon: (0331) 482786